Investasi jangka pendek adalah investasi yang keuntungannya sudah bisa dinikmati kurang dari satu tahun. Ciri lain dari investasi jangka pendek adalah likuiditas atau kemampuan produk investasi untuk dicairkannya yang tinggi. Kapan pun kita membutuhkan uang tunai, kita bisa menguangkan investasi tersebut.

 

Risiko dari investasi jangka pendek cenderung rendah, namun keuntungan yang dijanjikan juga tidak besar. Namun demikian, beberapa pakar menyebutkan bahwa investasi jangka pendek tidak termasuk ke dalam investasi yang sebenarnya. Karena investasi biasanya mengacu pada tujuan jangka menengah dan panjang.

 

Mengapa kita memilih investasi jangka pendek? Padahal kita akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada investasi jangka panjang atau setidak-tidaknya menengah.

 

Sekalipun investasi jangka pendek memberikan keuntungan yang tidak terlalu menjanjikan, namun investasi jangka pendek memiliki keuntungan bisa dicairkan kapan saja. Sehingga ketika kita sebagai investor membutuhkan dana dalam waktu cepat, kita bisa dengan mudah mencairkan produk investasi jangka pendek tersebut.

 

Investasi jangka pendek mungkin akan cocok untuk dipilih bila kita adalah investor yang takut akan risiko dan memiliki uang yang tidak cukup banyak untuk investasi. Jadi, kita tidak perlu was-was uang yang telah diinvestasikan akan hilang karena risiko yang kecil. Kita juga bisa mencairkan kapan saja bila sedang mengalami kesulitan keuangan.

 

Referensi:

Ariefiansyah, Miyosi dan Ryan Ariefiansyah. 2012. "Investasi Emas: Cara Kaya untuk Semua Umur dan Semua Kalangan". Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

The content does not represent the perspective of UC