Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Yesus Kristus menggunakan kuasa ilahi-Nya untuk melipatgandakan kehadiran diri-Nya sendiri dengan cara menugaskan kepada para murid-Nya. Mereka disebut alter Christus atau sebagai Kristus-Kristus lain. Mereka itu bisa juga kita loh, yang mau menebarkan dan berbagi kebaikan kepada sesama dan semesta.

Referensi pihak ketiga

Pengiriman 70 atau ada yang menyebut 72 orang ini merupakan bagian dalam rencana keselamatan. Terjadilah titik balik perutusan yang dahsyat di sini. Orang-orang biasa, yang pada suatu waktu adalah penerima pesan penebusan Kristus yang berhati sederhana, sekarang menjadi pembawa pesan itu kepada sesama dan semesta sesuai amanat perutusan-Nya. 

Dengan segala kelemahan mereka, bagaimana mereka bisa berharap untuk menawarkan kepada orang lain pengalaman Kristus seperti yang mereka alami, pengalaman yang begitu tak terlukiskan dan agung? Inilah jawaban Yesus Kristus yang menjelaskan: Itu akan dilakukan melalui ketaatan mereka, terutama pada perincian perilaku yang diuraikan-Nya bagi mereka. Itu akan dilakukan dengan bertindak atas nama Kristus, mengetahui bahwa Dia sendiri yang telah menugaskan mereka. 

Referensi pihak ketiga

Nah, semua itu akan dicapai bukan melalui talenta dan kepribadian karismatik mereka, tetapi melalui kuasa dan kasih karunia Allah yang datang kepada mereka yang melayani Sang Pencipta, sesama dan semesta dengan hati yang murni. Seperti 72, kita harus memurnikan diri dari semua egoisme dan ambisi pribadi untuk menanggapi panggilan dan perutusan kita. Dapatkah orang lain mengalami Kristus melalui diri kita?

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Referensi pihak ketiga

JoharT Wurlurang, 07/7/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Bacaan Liturgi 07 Juli 2019 Hari Minggu Biasa XIV Bacaan Injil Lukas 10:1-12.17-20


The content does not represent the perspective of UC