Selama puluhan tahun usianya di layar lebar, perjalanan Batman tidak selalu mulus, dan bukan hanya kerap menghasilkan film buruk, pula momen kontroversial yang memicu perdebatan baik di kalangan penonton umum maupun penggemar. Berikut adalah 7 di antaranya.

MARTHA (BATMAN V SUPERMAN: DAWN OF JUSTICE)

Referensi pihak ketiga

Tentu saja adegan ini termasuk. Setelah menghabiskan 3/4 durasi membangun alasan Batman untuk membenci Superman dan ingin membunuhnya, plot film ini mendadak berubah haluan saat di tengah pertarungan keduanya, Superman menyebut nama sang ibu yang kebetulan sama dengan nama mendiang ibu Bruce Wayne. Dan seketika Batman bukan saja memaafkan Superman, tapi menganggapnya sebagai teman. Hingga bertahun-tahun yang akan datang, olok-olok terhadap adegan ini rasanya takkan usai.

BATMAN SI PEMBUNUH (BATMAN V SUPERMAN: DAWN OF JUSTICE)

Referensi pihak ketiga

Batman bukan sama sekali tak pernah membunuh, tapi Zack Snyder menggambarkannya sebagai pembunuh berdarah dingin di sini, yang menghabisi nyawa penjahat dengan entengnya.

KEMATIAN TALIA AL GHUL (THE DARK KNIGHT RISES)

Referensi pihak ketiga

Setelah aksinya dihentikan olhe Batman, Catwoman, dan Gordon, Talia bermonolog tentang bom atom miliknya yang tak bisa dihentikan, lalu tiba-tiba mati. Begitu kontroversial dan dieksekusi secara anak, Marion Cotillard yang memerankan Thalia pun berkata, "Kenapa? Kenapa mereka memakai adegan itu??".

KEMBALI KE GOTHAM (THE DARK KNIGHT RISES)

Referensi pihak ketiga

Salah satu plot hole terbesar penutup trilogi The Dark Knight ini adalah bagaimana Bruce Wayne kembali ke Gotham tepat waktu. Bukan momen yang sebenarnya perlu dibicarakan panjang lebar mengingat Bruce/Batman terkenal memiliki banyak sumber daya dan mampu mengatasi kemustahilan, tapi rupanya banyak penonton yang dibuat murka karena tidak disuapi oleh kejelasan.

FLASH-FIGHTING (BATMAN BEGINS)

Referensi pihak ketiga

Satu kelemahan terbesar Christopher Nolan adalah adegan laga. Dalam Batman Begins, ia menerapkan apa yang ia dan para kru sebut sebagai "flash-fighting" di mana tiap Batman berkelahi, penyuntingan liar dan cepat akan digunakan sehingga sulit untuk melihat apa yang terjadi.

KESELURUHAN FILM (BATMAN & ROBIN)

Referensi pihak ketiga

Nyaris semua momen di film yang "membunuh" seri Batman di layar lebar selama hampir satu dekade ini kontroversial. Dari plesetan yang selalu keluar dari mulut Arnold Schwarzenegger, Bat-Credit Card, dan lain-lain.

DRIVE-THRU (BATMAN FOREVER)

Referensi pihak ketiga

Kegagalan Batman Returns mengulangi kesuksesan Box Office pendahulunya akibat konten yang dianggap terlalu kelam bagi anak-anak membuat Warner Bros. berniat membuat sekuel yang lebih bersahabat. Direkrutlah Joel Schumacher, yang langsung membuat Batman melontarkan kalimat konyol "I'll get drive-thru" saat Alfred bertanya apakah ia ingin membawa sandwich.

The content does not represent the perspective of UC