Stan Lee si legenda baru saja meninggalkan kita di usia 95 tahun. Semua orang mengenalnya, namun 10 fakta di bawah ini belum tentu diketahui semua orang.

Captain America Adalah Kesuksesan Pertamanya

Referensi pihak ketiga

Seminggu setelah mulai bekerja di Timely Comics, Lee berkesempatan menulis komik Captain America sebanyak dua halaman. Dia menulis dengan nama pena "Stan Lee" untuk kali pertama (yang kelak jadi nama legalnya". Judul komik tersebut adalah Captain America Foils the Traitor's Revenge. Komik strip penuh pertamanya adalah isu kelima Captain America yang dipublikasikan pada 1 Agustus 1941.

Stan Lee Membuat Ulang Romeo and Juliet

Referensi pihak ketiga

Pada 2012, Lee menulis novel grafis yang menceritakan ulang kisah klasik tersebut, tapi dengan semua karakternya adalah manusia super, yang setelah mengalahkan para penjahat, justru saling bermusuhan.

Serial Animasi Stripperella Yang Dibintangi Pamela Anderson

Referensi pihak ketiga

Stan Lee menciptakan satu musim serial animasi untuk Spike TV berjudul Stripperella yang dibintangi Pamela Anderson. Serial ini tidak diperpanjang ke musim kedua, yang mana disyukuri sang aktris, karena ia mengaku "Stan ingin adegan tanpa busana, sedangkan aku tidak".

Stan Lee Memenangkan "American National Medal of the Arts"

Referensi pihak ketiga

Pada 2008, Presiden George W. Bush mempersembahkan penghargaan tersebut pada Stan Lee, yang merupakan satu-satunya penulis komik yang menerimanya.

Hollywood Walk of Fame

Referensi pihak ketiga

Stan Lee adalah penerima bintang Hollywood Walk of Fame yang ke-2.428 yang terletak di 7072 Hollywood Boulevard tepat di depan bangunan Live Nation.

Stan Lee Muda Adalah Penulis Obituari

Referensi pihak ketiga

Sebelum menciptakan karakter-karakter fantastis, Lee menulis obituari untuk para selebriti di kantor berita New York. Dia mengaku keluar dari pekerjaan tersebut karena baginya, pekerjaann itu membuat depresi.

Berani Memasukkan Pesan Anti-Narkoba Di Komik

Referensi pihak ketiga

Pada 1971, Lee menerima surat dari Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan, yang memintannya menyelipkan pesan anti-narkoba di salah satu komik. Lee pun membuat cerita Spider-Man yang memperlihatkan sang sahabat, Harry, menyalahgunakan pil karena putus cinta. Pihak Comic Code Authority (CCA) awalnya menolak cerita itu karena keberadaan narkoba, tapi Lee tetap berani untuk menerbitkannya.

Warna Hulk Yang Menjadi Hijau

Referensi pihak ketiga

Hulk awalnya berwarna abu-abu, tapi menurut Lee, printernya rusak sehingga hasil cetak warnanya tidak konsisten, ada yang abu-abu, ada yang hijau. "Jadi di isu kedua, tanpa alasan, Hulk berubah jadi hijau", begitu kata Lee.

Sang Istri Merusak Mesin Ketiknya

Referensi pihak ketiga

Saat bertengkar, sang istri, Joanie, merusak mesin ketik yang ia pakai menulis buku pertama karakter-karakter macam Spider-Man dan Fantastic Four. "Ini terjadi sebelum eBay. Sayang sekali. Aku bisa saja melelang beberapa bagiannya", sebut Lee.

Cameo Favoritnya

Referensi pihak ketiga

Diawali di Spider-Man (2002), Lee pun dikenal lewat cameo miliknya di film Marvel, dan favoritnya ada di Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007) yang kemunculannya terinspirasi momen pernikahan Reed dan Sue Richards, di mana Lee dan Jack Kirby datang ke pernikahan tersebut.

The content does not represent the perspective of UC