Satu persatu tokoh pendukung paslon 02 menjenguk Ahmad Dhani yang kini masih berada di Rutan Medaeng. Tak ketinggalan, Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan pun melakukan hal yang sama.

Zulkifli Hasan. (news.detik.com)

Namun, ada yang dinilai aneh ketika Zulkifli menjenguk pentolan group musik Dewa 19 yang kini terjerat kasus dugaan ujaran kebencian dalam vlog "idiot" itu. Kabarnya, besan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais itu mengenakan seragam Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI).

Zulkifli Hasan. (jawapos.com)

Akibat tindakannya yang dianggap pamer itu, Zukifli kena semprit dan disesalkan anggota IARMI Farisal Syarif. Menurutnya, meskipun Zulkifli Hasan merupakan Ketum IARMI, tapi menggunakan seragam IARMI untuk menjenguk Ahmad Dhani tidaklah etis. Ia menegaskan, seharusnya IARMI jangan dibawa-bawa untuk kegiatan-kegiatan yang berbau politik praktis.

Logo IARMI. (facebook.com/dppiarmi)
“Menurut hemat saya, tidak etis Pak Ketum menggunakan baret dan seragam IARMI untuk hal seperti ini, beliau harus ditegur. Saya tak ada kepentingan apa pun, saya hanya ingatkan, IARMI jangan dicemari dengan politik praktis,” kata Farisal di Jakarta, Sabtu (23/2/2019).
“Kenapa tidak di kegiatan yang lebih strategis dia menggunakan seragam dan baret? Itu lebih terhormat,” tegas Wakil Ketua Komisariat IARMI Universitas Jayabaya itu.

Terkait hal tersebut, Farisal mendesak agar Zulkifli segera meminta maaf atas pemakaian seragam IARMI yang dianggap tidak pada tempatnya itu.

“Kalau Ketum Zulkifli Hasan tidak mau meminta maaf kepada seluruh masyarakat IARMI, tentang hal tersebut, lebih baik mengundurkan diri saja,” tegas Farisal seperti dikutip telusur.co.id (23/2/2019).

Wow! Begitu ceritanya. Mungkin banyak yang belum tahu kalau Zulkifli Hasan ternyata juga Ketum IARMI.

Meski demikian, tampaknya memang ada benarnya pernyataan Farisal Syarif yang menyesalkan tindakan Zulkifli hingga mendesaknya untuk meminta maaf. Bukan mustahil memang ada motif politik tertentu di balik aksi Zulkifli yang terkesan memamerkan seragam IARMI saat menjenguk Dhani.

Apalagi, saat ini sudah mendekati masa-masa mendekati Pemilu 2019. Apapun pun tindakan seorang politisi bakal menjadi sorotan publik. Sangat beralasan kalau ada pihak tertentu yang mempersoalkan tindakan Zulkifli yang tiba-tiba mengenakan seragam IARMI.

Bisa saja ditafsirkan bahwa aksi Zulkifli itu ingin menunjukan bahwa segenap keluarga besar IARMI memberikan dukungan moral kepada Ahmad Dhani yang saat ini sedang menjalani proses hukum di Surabaya Jatim.

Kalau memang benar demikian, toh faktanya tidak semua elemen IARMI menyetujui sikap Zulkifli. Nah, lho! ***

The content does not represent the perspective of UC