af.mil

Reuters.com (24/3/19) memberitakan Jet Sukhoi-27 Rusia tidak mengejar pembom B-52 AS dari perbatasan Rusia di atas Laut Baltik dan pesawat berhasil menyelesaikan misinya, kata juru bicara Angkatan Udara AS di Eropa dan Afrika Renae Pittman kepada TASS, Kamis.

Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dua jet tempur Sukhoi Su-27 Flanker pada 20 Maret membuat pembom B-52 berpaling dari perbatasan Rusia di atas Laut Baltik. Pembom itu terlihat jauh di atas perairan internasional dan diawasi.

af.mil

Pittman mengatakan, pembom AS itu melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional dengan melaksanakan "kebebasan navigasi dan penerbangan berlebihan" kami.

"Pada 20 Maret, B-52 melakukan interaksi rutin dengan Su-27 Rusia saat melakukan operasi di atas Laut Baltik. Para pilot menggunakan transponder dan beroperasi sesuai dengan hukum internasional.

af.mil

Pesawat Rusia tidak mengejar B-52 pergi, dan pembom mampu menyelesaikan misinya. Operasi dan keterlibatan dengan sekutu dan mitra kami menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama kami untuk keamanan dan stabilitas global, "katanya.

The content does not represent the perspective of UC