Blade Runner, 2001: A Space Odyssey, E.T., Children of Men, adalah beberapa judul yang sering muncul dalam daftar film sci-fi terbaik. Tapi banyak yang tidak menyadari beberapa berlian terpendam di genre tersebut, termasuk 7 judul berikut ini.

A Boy and His Dog (1975)

Referensi pihak ketiga

Bertempat di dunia pasca perang nuklir pada 2024, film ini dibuat berdasarkan novella karya Harlan Ellison yang mengisahkan seorang bocah yang coba bertahan hidup bersama anjingnya yang memiliki kemampuan telepati.

Dark Star (1974)

Referensi pihak ketiga

Debut penyutradaraan John Carpenter ini menghadirkan satir cerdas dengan latar luar angkasa. Dibuat dengan biaya minim, Carpentr pun dituntut memeras otak, dan kreativitas tingginya nampak jelas dalam film yang bercerita tentang awak kapal Dark Star yang diberi misi menghancurkan sebuah planet berisi spesies yang dianggap berbahaya bagi manusia.

Demon Seed (1977)

Referensi pihak ketiga

Kritikus Leo Goldsmith memuji tinggi film ini sebagai “kombinasi 2001: A Space Odyssey dengan Rosemary’s Baby dengan sedikit sentuhan energi Electric House milik Buster Keaton”. Demon Seed mengisahkan pernikahan seorang ilmuwan yang terganggu oleh obsesinya akan sebuah proyek pembuatan komputer dengan kecerdasan tinggi, yang akhirnya justru mengambil alih rumahnya dan menghamili sang istri.

Dreamscape (1984)

Referensi pihak ketiga

Mencampurkan unsur sci-fi, aksi, dan horor, film buatan Joseph Ruben ini sangat menghibur. Kisahnya seputar seorang pria yang terseret menuju program rahasia pemerintah untuk membantu orang yang mengalami mimpi buruk dengan masuk ke mimpi mereka. Sampai Presiden Amerika Serikat menjadi salah satu pasien, dan seorang pembunuh coba menghabisi nyawanya lewat mimpi.

The Incident (2014)

Referensi pihak ketiga

Dua bersaudara dan seorang detektif menyadari mereka terperangkap di lingkaran waktu, yang juga dialami sebuah keluarga yang tengah melakukan perjalanan. Penuh twist, film debut sutradara asal Meksiko, Isaac Ezban ini jelas wajib disimak.

The Incredible Shrinking Man (1957)

Referensi pihak ketiga

Jauh sebelum Ant-Man, film buatan Jack Arnold ini telah menampilkan pria yang bisa menyusut karena awan radioaktif. Sang pria, yang menjadi sensasi nasional, pun takut bahwa ia akan menyusut hingga level subatomic sebelum akhirnya menghilang dari eksistensi. Di luar kisah absurdnya, film ini mengangkat beberapa pertanyaan sains dan filosofis, juga sebagai observasi akan pernikahan yang pelan-pelan hancur.

Turbo Kid (2015)

Referensi pihak ketiga

Berlokasi di dunia pasca kiamat yang gersang di 1997, seorang remaja yatim piatu mesti bertarung melawan seorang raja tiran bernama Zeus untuk menyelamatkan gadis pujaannnya. Konyol dan brutal, rumornya film ini akan segera mendapatkan sekuel.

The content does not represent the perspective of UC