Ilustrasi teknologi 5G. Sumber : twitter.com/CIRCAregulation

GADGETSNOW.COM - Generasi kelima jaringan telekomunikasi atau 5G menjadi topik yang banyak dibicarakan menjelang perilisannya pada tahun 2019. Teknologi 5G digadang-gadang akan meningkatkan kecepatan kegiatan menjelajah internet. Selain itu 5G juga diprediksi akan memotori generasi teknologi yang selanjutnya sehingga mengubah banyak sistem di dunia. Berikut ini adalah fakta-fakta tentang teknologi 5G dan apa yang ditawarkannya untuk mengubah dunia.

1. Apa itu teknologi 5G?

Teknologi 5G. Sumber : twitter.com/Source_soft

Setiap beberapa tahun, industri komunikasi mengembangkan "G" atau "generasi" baru jaringan telekomunikasi. Ada tiga hal yang akan diperbaiki teknologi 5G dari teknologi jaringan komunikasi yang ada sekarang (4G LTE), yaitu meminimalkan penundaan dalam respons jaringan, meningkatkan daya hidup baterai, dan meningkatkan kecepatan jaringan dalam proses transfer data.

2. Perbedaan kecepatan antara generasi 5G dan generasi sebelumnya

Perbedaan kecepatan antar generasi jaringan telekomunikasi. Sumber : cnet.com

Teknologi 5G menawarkan kecepatan internet sepuluh kali lebih cepat dari pada 4G yang sebelumnya 1000 Mbps menjadi 10000 Mbps.

3. Negara yang akan merilis teknologi 5G

Ilustrasi 5G : twitter.com/TechDataUKES

Pada awal tahun 2019, empat perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Amerika Serikat, AT&T, Verizon, Sprint, dan T-Mobile akan mulai menawarkan layanan 5G. Selain itu Korea Selatan juga berencana untuk merilis 5G pada bulan Maret tahun depan. Sementara negara Jepang akan merilis 5G pada akhir 2020. Dan pada tahun selanjutnya, China dan beberapa negara Eropa akan mulai menawarkan teknologi 5G.

4. Ponsel pintar pertama yang akan menggunakan teknologi 5G

Huawei akan merilis smartphone 5G. Sumber : twitter.com/Huawei_ME

OnePlus, Huawei dan Xiaomi, ketiganya berkompetisi untuk meluncurkan produk ponsel pintar pertama di dunia yang menggunakan teknologi 5G.

5. Teknologi 5G membuat setiap perangkat dapat saling berkomunikasi

Ponsel pintar. Sumber : hwupgrade.it

Di era 5G, jutaan perangkat akan terus menerus mengumpulkan data dan saling berkomunikasi. Pengguna teknologi 5G dapat terhubung dengan setiap perangkat di rumah mulai dari lemari pendingin hingga sistem keamanan melalui ponsel pintar miliknya.

6. Ancaman privasi teknologi 5G

Ilustrasi teknologi 5G. Sumber : reameizu.com

Teknologi 5G dengan segala kemudahan yang ditawarkannya ternyata memiliki kelemahan. Perangkat yang menggunakan teknologi 5G akan mulai mencari jalan pintas dari jaringan dan terhubung langsung ke internet. Hal ini dapat menyebabkan hacker lebih mudah untuk mengeksploitasi kerentanan dari perangkat tersebut sehingga privasi pengguna teknologi 5G dapat terancam.


The content does not represent the perspective of UC