Ide yang batal dipakai dalam proses pembuatan film adalah hal wajar. Tapi kasus unik terjadi pada kelima film berikut, yang dibuat berdasarkan ide yang sebelunya batal dipakai untuk film lain.

Iron Man 3 dari Iron Man

Referensi pihak ketiga

Film pertama Iron Man sejatinya akan menampilkan The Mandarin sebagai musuh utama, tapi di saat terakhir, sutradara Jon Favreau merasa ide itu kurang cocok dengan visinya. Sampai lima tahun kemudian, ide itu dipakai ulang untuk film ketiga.

Gattaca dari The Truman Show

Referensi pihak ketiga

Pada 1991, Andrew Niccol menulis ide satu halaman untuk The Truman Show (saat itu berjudul The Malcolm Show), yang merupakan sci-fi thriller serius. Saat Peter Weir dikontrak sebagai sutradara, dia meminta Niccol menulis ulang ide itu, menjadikannya lebih ringan dan menjadikan Jim Carrey pemeran utama. Niccol lalu memakai ide awalnya yang lebih gelap untuk membuat Gattaca

Speed 2: Cruise Control dari Die Hard with A Vengeance

Referensi pihak ketiga

Ide awal film ketiga Die Hard ini adalah mengirim John McClane yang diperankan Bruce Willis ke tengah laut untuk melawan teroris di kapal pesiar. Tapi pihak studio menyadari ide itu terlalu mirip Under Siege-nya Steven Seagal dan memilih membatalkannya. Sampai akhirnya, ide itu dipakai untuk film kedua Speed.

Wild Wild West dari Superman Lives

Referensi pihak ketiga

Saat diminta oleh produser Jon Peters menulis naskah Superman Lives, Kevin Smith diharuskan memasukkan robot laba-laba raksasa sebagai musuh. Ketika film itu batal, Peters memakai konsep Smith untuk membuat Wild Wild West.

Batman Forever dari Batman

Referensi pihak ketiga

Awalnya Tim Burton hendak mengenalkan Robin alias Dick Grayson di filmnya, bahkan sudah membuat kosenp adegannya di mana keluarga Dick dibunuh oleh Joker. Ketika itu batal dipakai, Joel Schumacher menggunakannya di film ketiga, hanya saja tanpa Joker.


The content does not represent the perspective of UC