ANY GIVEN SUNDAY (1997)

Referensi pihak ketiga

Film yang dibintangi Al Pacino ini mengajak kita mengamati sisi gelap american football dalam kisah mengenai usaha memenangkan kejuaraan. Film ini membawa penonton mengamati hal-hal seperti penggunaan obat penghilang rasa sakit, gegar otak akibat benturan antara atlet, kehidupan liar di luar lapangan, pengaruh materi terhadap karir atlet, dan masih banyak lagi. National Football League (NFL) menjauhkan diri dari film ini akibat kisahnya yang terlalu nyata.

THE PROGRAM (2015)

Referensi pihak ketiga

Film biografi yang mengisahkan kejatuhan Lance Armstrong dari pebalap sepeda terbaik dunia menjadi seorang atlet curang pesakitan. Film ini mengungkap salah satu skandal doping paling licik di dunia balap sepeda yang memberi goncangan besar termasuk pada turnamen Tour De France.

I, TONYA (2017)

Referensi pihak ketiga

Tonya Harding dahulu adalah skater terbaik dunia yang juga menolak menjadi seperti atlet lainnya. Dia ingin diakui karena kemampuannya, bukan kecantikan atau sisi glamornya. Sikapnya yang keras ini membuat banyak pihak antipati, dan ketika sebuah skandal menimpanya, kebencian publik pun tumpah pada Tonya.

THE WRESTLER (2008)

Referensi pihak ketiga

Melalui film ini, Darren Aronofsky menuturkan kisah realistis mengenai kehidupan pegulat dengan menampilkan aktor Mickey Rourke dalam performa terbaik sepanjang karirnya sebagai pegulat yang karirnya mulai meredup. Film ini membawa kita melihat sisi lain pegulat yang sebelumnya tak pernah kita kenal. Di balik figur jagoan itu, ada dunia gelap yang begitu pekat.

FOXCATCHER (2014)

Referensi pihak ketiga

Didasari kisah nyata mengenai dua bersaudara pegulat, Mark dan Dave Schultz yang bertemu Jon DuPont, pria kaya eksentrik penggemar dunia gulat. Obsesi akan kesuksesan, upaya mengejar American Dream, diperlihatkan oleh film ini sebagai penyebab kesedian orang-orang menempuh jalur gelap. Bahkan seorang pemenang medali emas pun dapat jatuh ke lubang gelap apabila berurusan dengan orang yang salah.

The content does not represent the perspective of UC