The Last Temptation Of Christ (1988)

Referensi pihak ketiga

Sebelum Silence, Scorsese membuat drama ini, di mana Willem Dafoe memerankan Yesus Kristus yang harus menghadapi godaan duniawi. Film ini dianggap melenceng dari penggambaran Yesus di Alkitab, yang memancing kemarahan umat Kristen. Sebuah bioskop di paris yang menayangkan film ini dibakar, membuat 13 orang terluka.

Innocence Of Muslims (2012)

Referensi pihak ketiga

Pada tahun 2012, film pendek anti-Islam menyulut kontroversi di YouTube. Film itu menampilkan Nabi Muhammad sebagai bocah yang tidak jelas orang tuanya, playboy, homoseksual, gemar melecehkan anak, dan seorang preman haus darah. Produser filmnya, Nakoula Basseley terpaksa bersembunyi karena banyaknya ancaman, termasuk dari menteri Pakistan yang menawarkan $100,000 bagi orang yang mampu membunuhnya. Pun dalam beberapa tahun terakhir, ia hidup dengan nama yang berubah-ubah.

Water (2005)

Referensi pihak ketiga

Film yang mengisahkan soal para janda beragama Hindu di India pada era 30-an ini sudah berhadapan dengan kontroversi bahkan saat proses produksi. Beberapa kelompok memprotes dan menghancurkan lokasi syuting karena menganggapnya anti-Hindu. Proses produksi pun akhirnya dipindahkan ke Sri Lanka dari India.

Angulimala (2003)

Referensi pihak ketiga

Drama fantasi asal Thailand ini mengisahkan seorang guru spiritual yang melakukan pembantaian. Penggambaran film ini akan Buddha memaksa beberapa kelompok agamawan Buddha di Thailand meminta pelarangan penayangan. Sutradar Sutape Tunnirut pun harus memotong beberapa adegan kekerasan agar lulus sensor.

Monty Python’s Life Of Brian (1979)

Referensi pihak ketiga

Sebuah satir reliji yang membicarakan ke-Kristen-an, menciptakan sosok fiktif bernama Brian yang salah dikira sebagai Yesus. Tentu banyak pemeluk Kristen yang menganggap film ini mengistakan agama. Pun filmnya dilarang tayang di beberapa negara seperti Irlandia dan Norwegia.

The content does not represent the perspective of UC