Film yang mengetengahkan penyelidikan akan kasus pembunuhan untuk mencari pelakunya, atau sering disebut "whodunit" memang selalu seru disaksikan, dan lima judul berikut adalah beberapa yang terbaik dan wajib kamu tonton.

And Then There Were None (1945)

Referensi pihak ketiga

Diangkat dari novel berjudul sama karya Agatha Christie, film ini mengisahkan 10 orang asing yang diundang ke sebuah pulau kosong, untuk kemudian satu per satu dari mereka tewas dengan cara serupa sajak Ten Little Indians yang tertulis di kamar masing-masing. Menegangkan, penuh teka-teki, ditutup dengan twist mengejutkan.

Clue (1985)

Referensi pihak ketiga

Mengadaptasi permainan Cluedo, film misteri berbumbu komedi ini menampilkan enam orang yang diundang ke sebuah rumah aneh untuk memecahkan misteri pembunuhan. Film ini memiliki 3 versi ending yang disebar acak ke tiap-tiap bioskop.

Murder by Death (1976)

Referensi pihak ketiga

Lima detektif terkenal beserta asisten masing-masing tiba di sebuah rumah aneh yang menyimpan beragam misteri. Film ini merupakan satir yang memparodikan genre Whodunit, salah satunya dengan cara menjadikan tokoh-tokohnya sebagai parodi karakter terkenal mulai dari Charlie Chan sampai Herucle Poirot.

Murder on the Orient Express (1974)

Referensi pihak ketiga

Walau telah dibuat versi modern yang rilis pada tahun 2017 lalu, versi lawas yang disutradarai oleh sineas legendaris Sidney Lumet ini tetap yang terbaik, dengan metode penyelidikan lebih menarik serta penokohan masing-masing tersangka yang tergarap apik.

The Usual Suspects (1995)

Referensi pihak ketiga

Seorang penyintas dari sebuah pembantaian menceritakan kisah rumit penuh kejutan yang berujung baku tembak di suatu kapal, dan tentang seorang pria misterius yang mempekerjakannya. Memadukan narasi maju-mundur, Christopher McQuarrie berhasil memenangkan Oscar untuk Best Original Screenplay.

The content does not represent the perspective of UC