"One Pefect Shot", demikian istilah yang sering dipakai orang untuk menggambarkan sebuah shot atau gambar, yang bukan sekedar indah dipandang, tapi juga memiliki substansi terhadap cerita. Dengan kata lain, sempurna. Berikut 7 di antaranya.

2001: A Space Odyssey (1968)

Referensi pihak ketiga

Merupakan gambar yang menutup film, maknanya mungkin masih diperdebatkan hingga sekarang, tapi tak ada yang dapat menyangkal kesan magis dan keagungan yang terpancar dari momen ini.

Alien (1979)

Referensi pihak ketiga

Di sini, karakter-karakternya menemukan mayat Space Jockey berukuran raksasa dalam sebuah pesawat alien. Sureal dan mengerikan.

Blade Runner (1982)

Referensi pihak ketiga

Dalam adegan ini, Rachel tengah diuji, apakah ia Replicant atau bukan. Gambarnya, memadukan pencahayaan berbayang dan asap rokok, bagai reka ulang gaya gambar film noir hitam-putih masa lalu. Sosok Rachel pun nampak misterius sekaligus menyihir.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Referensi pihak ketiga

Indah, romantis, hangat, walau adegannya sendiri bertempat di sebuah danau yang dingin membeku.

La La Land (2016)

Referensi pihak ketiga

Momen pertengahan saat Ryan Gosling dan Emma Stone berduet di lagu A Lovely Night ini akan jadi salah satu momen paling ikonik sepanjang sejarah film. Langit ungu yang ditangkap tanpa cahaya buatan, koreografi yang khas, semua sempurna.

Modern Times (1936)

Referensi pihak ketiga

Charlie Chaplin berada di atas roda gigi besar yang berputar, lalu tertelan ke dalamnya. Sempurna mewakili gaya komedi slapstick-nya serta satir dalam ceritanya terhadap industri

The Tree of Life (2011)

Referensi pihak ketiga

Begitu banyak gambar indah di film buatan Terrence Malick ini, di mana Emmanuel Lubezki selaku sinematografer memilih hanya memakai cahaya natural. Tapi salah satu yang paling menghipnotis adalah ketika Jessica Chastain berjalan menuju cahaya matahari.

The content does not represent the perspective of UC